TIPS SUKSES UJIAN NASIONAL

Assalamu'alaikum...
Halo para pejuang UJIAN NASIONAL!!
Aku yakin kalian yang membaca tulisan ini adalah siswa-siswi yang sedang H2C alias harap-harap cemas dengan Ujian Nasional. Ye kaaaan?? Ngaku ajaa..
Selo aja kayak di pulo, santai aja kayak di pantai, Dek.
Oke baeklah, aku akan mencoba menenangkan kalian lewat tulisan ini. Di sini aku mau share pengalaman aku ketika menghadapi Ujian Nasional.
Alhamdulillah aku sudah melewati 3 kali masa Ujian Nasional (UN), SD-SMP-SMA. Apakah hasilnya memuaskan semua? Oh, tidak. Fyi, aku pernah mengalami kegagalan. Gagal bukan berarti tidak lulus, tapi nilainya sungguh kurus. Nyaris gak aman padahal UN SD. Wkwk parah bet dah..
Dari situ aku belajar, seperti kata orang bijak, pengalaman adalah guru terbaik. Emang suka telat sadarnya, giliran udah terjadi, terus nyesel. Jangan ditiru ya Adek-adek yang budiman.. Berkat kesadaranku yang terlambat, hasil UN SMP-SMA jauh lebih baik. *Sujud syukur*
Terus gimana sih caranya biar sukses UN?
Kalau tipsnya belajar dan berdoa mah gak usah dikasih tau juga udah tau. Itu udah jadi kudapan kalian di sekolah maupun di rumah. Terus apa dong? Nih, aku kasih 4 TIPS sesuai apa yang dulu aku lakuin dan alhamdulillah membuahkan hasil yang memuaskan. Baca baik-baik dan amalkan yaa..

1. FOKUS PADA KISI-KISI
Setiap ujian kecuali ujian hidup pasti sudah disiapkan kisi-kisi ujiannya. Kisi-kisi itu ibarat petunjuk untuk membuat sekaligus memecahkan soal-soal ujian. Dari kisi-kisi kalian tau materi mana yang akan diujikan dan yang tidak diujikan. Kalau sudah mendekati UN, fokuslah pada kisi-kisi ujian. Pahami dengan baik setiap kisi-kisinya. Bukan berarti mengabaikan materi lain di luar kisi-kisi. Kalian harus tetap mempelajarinya, tapi jauh-jauh hari sebelum UN. Fokuskan otak kalian pada materi yang kemungkinan besar akan keluar pada saat UN. Biar otak kalian gak overload. Biar otak kalian bisa memetakan mana yang penting dan kurang penting.

2. PERCAYA DIRI
Kalian merasa gak bisa matematika tapi harus UN matematika? Kalian gak yakin kalau kalian bisa ngerjain soal fisika? Kalian ragu untuk lulus karena nilai selama tryout jelek? Duh, buang jauh-jauh deh keraguan kalian terhadap diri kalian sendiri. Apalagi udah tinggal menghitung hari menuju UN. Kalian harus PEDE alias percaya diri. Aku yakin setiap siswa yang mau UN pasti udah dibekali dengan ilmu yang cukup untuk mengerjakan soal-soal UN. Jam terbang kalian juga pasti udah tinggi. Percuma setiap hari belajar dan berlatih tapi kalau dirinya sendiri masih ragu dengan kemampuannya sendiri. Setiap orang berhak sukses kok, kalian punya kesempatan yang sama. Percayalah kalau kalian bisa. Bayangkan, ketika UN hanya ada kamu dan Allah, gak ada orang lain yang bisa bantu ngerjain. Kalau bukan diri kalian sendiri, siapa lagi? 

3. JADILAH ANAK KALEM
Pesan dari orang tua, "Berusaha dan berdoa ya, Nak". Yup, berusaha dan berdoalah tapi diimbangi juga dengan perilaku kalian. Mendekati UN, jadilah anak yang kalem. Ini bukan pencitraan, ya. Serius deh, jadilah anak kalem selama beberapa bulan, lebih baik lagi kalau berlanjut setelah UN. Hehe.. Kalian jangan kebanyakan tingkah, apalagi sampai bikin masalah. Menjelang UN hingga UN tiba, akan ada banyak ujian yang kalian lewati. Ujian Praktek, Ujian Sekolah, UN, yang SMA ada Ujian Masuk Universitas. Otak kalian pasti lelah mempersiapkan meteri untuk berbagai mata uji. Jadi, jangan ditambah lelah dengan tingkah kalian yang gak karuan. Karena kalau fisik kalian lelah, otak kalian pun ikut lelah, jadi gak maksimal saat ujian. Kecuali kalian memang tergolong anak yang hiperaktif.

4. PERBANYAK SEDEKAH
Udah berusaha, udah berdoa, udah pede, udah kalem, tambah satu lagi yaitu SEDEKAH. Ada banyak sekali manfaat dari sedekah, bisa cek di Al-Qur'an. Sekecil apapun itu, pasti akan mendatangkan kebaikan. Jadi, jangan ragu untuk bersedekah, sisihkan apa yang kalian punya untuk orang lain. Gak harus uang, kalian bisa sedekah ilmu alias ngajarin temen-temen yang belum paham materi UN. Atau kalian rajin menawarkan bantuan ke orang tua dan guru kalian. Bantu orang lain sesuai kemampuan kalian. Yang penting kalian ikhlas. Insyaallah jika kalian banyak bersedekah maka UN kalian akan dimudahkan oleh Allah. 

Nah, itu tadi TIPS SUKSES UJIAN NASIONAL yang bisa kalian terapkan. Pesanku, UN bukan akhir dari segalanya. Selama masih bisa berusaha, berusahalah. Jika sudah terlanjur gagal, segeralah bangkit. Jalan kalian masih panjang. Tetap semangat dan sukses untuk UN-nya :)

Comments

Popular posts from this blog

Penghujung Februari

Ekstensi Tuh Kayak Gini

Natural Approach