Ngusir BEGADANG



Assalamu’alaikum..
Masih dalam suasana liburan semester, nih. Lumayan masih bisa gulang-gulung di kasur tercinta 24 jam non stop. Tinggal nunggu hasil timbangan naik di akhir masa liburan. Pipi melebar. Paha dua jadi satu. Perut nantangin (baca: buncit). Perbaikan gizi dengan penggemukan badan beda tipis. Hahahaa..
Tapi, liburan juga bikin jam tidur makin tak beraturan. Seperti yang aku alami, selama masuk kuliah sering ngerjain tugas sampai larut malam. Mau gak mau harus begadang. Yah, namanya mahasiswa, gak afdol kalau gak begadang. Kata bang Roma, “begadang boleh saja, kalau ada perlunya”. Nah, kalau liburan masih begadang juga? Ngapain ya? Kebiasaan anak muda, kalau gak mainan handphone ya nonton film. Begitu pula dengan aku. Hasrat untuk membuka media sosial atau nonton film lebih besar daripada tidur. Akibatnya, mata panda makin menjadi, bangun kesiangan, badan lemes, masuk angin, dll. Kebanyakan begadang bikin kita gak produktif, lho. Ngerinyaa..
Nah, sekarang aku lagi nyoba buat ninggalin kebiasaan buruk itu. Setelah melakukan survei dan konsultasi *ceilee, aku dapat beberapa saran yang mungkin bisa membantuku dan teman-teman pembaca untuk ngusir yang namanya begadang.

1.      Atur jam sibukmu
Kalau kamu gak kerja di shift malam, beraktivitaslah di pagi sampai sore hari. Kerahkan semua tenagamu di pagi sampai sore hari. Jadi, malam harinya kamu akan merasa lelah setelah seharian beraktivitas. Nah, dengan kamu lelah maka kamu akan cepat merasa kantuk. Bisa tidur lebih awal, deh.

2.      Jangan minum kopi
Coba ganti minumanmu di malam hari dengan susu atau coklat panas. Biar mood kamu makin baik dan bisa mimpi indah. Ciee.

3.      Kasur itu tempat untuk tidur
Ngaku aja, kasur yang menjadi tempat tidurmu, kamu monopoli jadi tempat serbaguna kan? Kadang buat ngerjain laporan, baca buku, nge-game, mainan hp, dll. Mulai sekarang, coba kondisikan kasurmu. Kasur di kamarmu itu tempat khusus untuk kamu tidur.

4.      Mandi air hangat yuk
Harus dicoba banget! Karena aku sendiri ngerasa kalau mandi dengan air hangat sore hari, malam harinya bisa tidur dengan nyenyak. Enyaakkk.

5.      Cahaya redup
Gimana mau tidur cepet kalau lampu kamar masih terang benderang sampai dini hari? Coba atur lampu di kamarmu, ada lampu besar dan kecil. Nah kalau sudah jam tidur, sekitar jam 9 atau 10 malam, kamu nyalain tuh lampu kecilnya. Cahaya redup bikin mata kamu perlahan meredup juga.

Selamat mencoba. Semoga kita berhasil ngusir begadang. Semangattt!!

Comments

Popular posts from this blog

Penghujung Februari

Ekstensi Tuh Kayak Gini

Natural Approach