Natural Approach
Assalamu'alaikum..
Catatan kali ini lagi-lagi tentang tugas kuliah. Namanya juga anak kuliahan, hidup terasa hampa tanpa tugas(?). Well, tidak usah panjang lebar karna yang lebar hanya pipi saya, langsung masuk materi. Berikut ini ada ulasan singkat tentang salah satu metode pembelajaran bahasa. Natural Approach disebut juga dengan pendekatan alami. Namanya saja sudah "alami", metode ini pasti lebih menekankan segi kealamiahannya saat mempelajari suatu bahasa. Semoga ulasan di bawah ini berguna. Selamat membaca.
1. Sejarah
Natural Approach dirintis dan dikembangkan oleh Krashen dan Terrell. Pendekatan tersebut pertama kali muncul berdasarkan
pengalaman Terrel di California ketika mengajar bahasa Spanyol. Penguasaan
bahasa lebih berpusat pada pemerolehan bahasa secara alamiah, bukan pada
pembelajaran yang menekankan struktur atau aturan-aturan bahasa yang dipelajari
satu-persatu secara sadar.
2. Teori Bahasa & Pembelajaran
Dalam teori bahasa ditekankan pada empat poin: bahasa sebagai alat komunikasi, kosakata berperan penting, grammar bukan komponen paling utama, pemerolehan bahasa terjadi bila seseorang mengerti pesan yang terkandung.
Sedangkan pada teori pembelajaran terdapat lima hipotesis: pemerolehan, monitor, urutan alamiah, masukan (input), filter afektif.
3.Tujuan
Dirancang untuk pemula dan membantu menuju tingkat intermediet. Agar siswa mampu memahami apa yang pembicara katakan dan mampu menyampaikan gagasan dalam bahasa target.
4. Silabus
-Keterampilan dasar komunikasi dan belajar akademik lisan maupun tulisan
-Bervariasi sesuai kebutuhan siswa
5. Peran Guru & Siswa
Guru menjadi sumber utama, menciptakan suasana kelas yang menarik dan santai, mengatur kegiatan kelas. Sedangkan siswa, berpartisipasi aktif dalam berkomunikasi dengan bahasa target.
6. Bahan Ajar
Guru menggunakan apa saja yang ada di lingkungan sekitarnya sebagai materi utama. Seperti anggota tubuh, alat tulis, perabotan kelas, poster, pamflet, dll.
Comments
Post a Comment