Micro Teaching



BUKU INSPIRATIF:
BERANI MENGUBAH
Karya Pandji Pragiwaksono

            Sebuah buku yang ditulis oleh Pandji Pragiwaksono ini memuat tiga poin penting di dalamnya. Ketiga poin tersebut adalah Indonesia, pemuda, dan perubahan. Pandji merasa gerah dengan keadaan Indonesia saat ini, tapi dia sebagai pemuda Indonesia tidak menyerah begitu saja. Dia berusaha untuk melakukan suatu perubahan untuk Indonesia dan mengajak pemuda Indonesia untuk ikut serta melakukan perubahan. Di dalam buku ini, Pandji menjelaskan langkah-langkah untuk merubah Indonesia dengan bahasa yang ringan dan komunikatif. Lalu, bagaimana kita, pemuda-pemudi Indonesia, bisa merubah Indonesia?
1.      Belajar
Di dunia ini ada banyak ilmu yang dapat kita pelajari. Jika ingin merubah negara Indonesia, mulailah dengan “melek politik”. Ikuti perkembangan politik yang ada di Indonesia. Selain itu, kita juga harus belajar tentang hukum yang berlaku di Indonesia. Bukan berarti harus menghafal pasal-pasal di dalam Undang-Undang, minimal kita tahu aturan-aturan umum bermasyarakat di negara ini. Kita juga harus peka terhadap perkembangan ekonomi Indonesia. Setidaknya kita tahu keadaan ekonomi di sekitar kita, perubahan bisa dimulai dari hal di sekitar kita. Jika memiliki minat dibidang lain, teruslah belajar hingga kamu tergerak untuk melakukan perubahan dengan caramu sendiri.
2.      Memahami Indonesia
Indonesia adalah negara yang sangat luas. Terdiri dari pulau-pulau yang memiliki keindahan alam, budaya, dan masyarakat yang berbeda-beda. Untuk dapat memahami Indonesia, lakukanlah suatu perjalanan. “Jelajahi desa, kota, lautan Indonesia, tidak hanya untuk berlibur, tetapi untuk menemui masyarakatnya, mengamati kehidupannya.”
3.      Bersatu Bukan Jadi Satu
Keanekaragaman bukan untuk diseragamkan. Pentingnya toleransi untuk mencapai kata “bersatu”. Sebagai pemuda, kita harus memiliki pergaulan yang luas, semakin luas pergaulan maka semakin banyak kita mengenal karakter orang. Setelah mengenal karakter yang berbeda-beda, cobalah untuk memahaminya dan bekerjasama dalam perbedaan.
4.      Menciptakan Perubahan, Mendunia, Beraksi
Temukan passionmu, temukan ide, bangun jaringan dan komunitas untuk mendukung idemu, naikkan standar untuk mencapai targetmu, dan lakukanlah!
Bagi saya, memulai dari merubah hal kecil akan lebih berguna daripada membayangkan perubahan besar tapi tak pernah dilakukan.

Comments

Popular posts from this blog

Penghujung Februari

Ekstensi Tuh Kayak Gini

Natural Approach